Rabu, 12 Oktober 2011

WARISAN ASWAJA

Pagi ini, kutemukan risalah kecil beraksara arab jawi saat aku membuka kotak kardus dirumahku,
Sudah sangat lusuh, bahkan halamannya ada yg tercerai berai. . . Mungkin usianya sudah sangat lama,

Ku tanyakan pada ibu, aku terkejuT mendapat mendgar jawabannya,


"nyan ata pak nek (itu kepunyaan kakek)".


Berarti benar, risalah lusuh ini lbh tua dariku , karena aku tak pernah melihat wajah kakekku krn ia telah berpulang ke rahmatullah jauh sebelum aku lahir,,(Allahummaghfirlahu),


Skrg usiaku 19 tahun,,berarti usia risalah ini lebih dr 23 tahun ke atas. . .!!


Ku coba buka perlahan2 karena sudah sangat lusuh, kalau tidak hati2 bisa rusak,


Di halaman awal ada berbagai tuntunan zikir yg sangaaaaaaaatttttt panjang. . .!!


Ku temukan juga coretan2 tangan di tepian beberapa halaman dgn bhs arab, tp aku tak paham. . .sepertinya sebuah doa,


Lalu ada pasal tentang sembahyang taraweh,

Lengkap dgn zikir dan tasbih. Ah, sepertinya ini risalah fiqih. . .ku teruskan membuka,

Benar saja, pasal2 fiqih terus ku jumpai di halaman selanjutnya, mulai dr mandi junub, niat qadha puasa beserta sunat syawal dan lainnya. .


Lalu ada sebuah halaman yg telah hilang awalnya, ada tabel DALAIL KHAIRAT. . .

Mungkin saja halaman yg hlg adalah muqaddimah dalail,
Sangat Mungkin. . .!! Setelah habis pasal tentang dalail, ada 2 gambar masjid. .

Gambar masjidil haram yg masi ada kubah air zamzam dan masjid nabawi dgn masi ada ruang terbuka,


Setahuku ini gambar era sebelum 1926 saat tanah haram ms dikuasai Turki,


Apakah risalah ini dicetak tahun sebelum 1926 ?? Ku tanyakan kembali pada ibu yg sdg sibuk menyiapkan menu buka puasa,,"mak na neu tujan kr2 padim umu kitab nyoe ?" (ibu apa ibu tau kr2 berapa umur kitab ini ?)


Ibuku menjawab "hana mak tudit, tp sep trep that ka, lebeh tuha dr mak dan jameun sep geu sayang le paknek keuh" (ibu tidak tau, tp sudah ckp lama dan lbh tua dr ibu mu ini, dahulu ktb ini kesayangan kakek mu)


Masya Allah. . . .

Berarti bukan 23 tahun, tp 40 tahun ke atas usia risalah lusuh ini. . . .

Aku yakin usianya lbh dr setengah abad, krn lembarannya memakai kertas yg sangat keras seperti kulit pohon,

Tentu ini punya zaman dahulu kala,

Alhamdulillah, walau risalah ini sudah tak lg utuh halamannya, aku ms bs membaca dgn jelas, bhkan ada juga Doa Tarekat Syatthariah di dalamnya,


Ternyata kakek ku adalah aswaja sejati, sayang sekali rumah nenek sudah tiada, tentu jika ms ada aku bs menemukan hal lainnya,


Namun ckplah risalah lusuh yg berharga ini untukku, warisan dari kakekku. .


Aku semakin yakin nenek moyangku adalah aswaja sejati, dan aku yakin nenek m0yang bangsa ku adalah para pejuang aswaja. . .insya Allah,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar